Mempersiapkan Tenaga Pengajar MIPA dalam Indonesia Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6601Abstract
Indonesia telah memasuki era revolusi industri 4.0, membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor, terutama manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan pendidikan. Perkembangan teknologi digital, termasuk Augmented Reality (AR), memberikan dampak besar pada proses belajar mengajar. Bagi tenaga pengajar, khususnya di bidang Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, penguasaan teknologi AR sangat penting untuk menyampaikan materi yang kompleks secara lebih interaktif dan mudah dipahami siswa. Artikel ini mengkaji penerapan teknologi AR dalam pembelajaran dan peran MSDM dalam mendukung transformasi tersebut. Berdasarkan kajian literatur, AR terbukti meningkatkan efektivitas dan interaktivitas pembelajaran. MSDM berperan strategis dalam mengembangkan keterampilan tenaga pengajar, merekrut tenaga profesional, mengelola perubahan, dan meningkatkan motivasi serta kinerja mereka. Namun, penguasaan teknologi AR oleh tenaga pengajar masih membutuhkan perhatian serius melalui pelatihan praktis dan kolaborasi lintas sektor. Perguruan tinggi juga didorong untuk mengintegrasikan modul pembelajaran berbasis AR dalam kurikulum. Hambatan berupa keterbatasan infrastruktur dan sikap skeptis sebagian guru dapat diatasi dengan program pelatihan kolaboratif dan insentif. Melalui upaya ini, diharapkan AR dapat diadopsi secara optimal dalam pembelajaran. Kolaborasi antara teknologi pembelajaran dan pengelolaan sumber daya manusia menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era digital ini. Hal ini memungkinkan terciptanya proses pembelajaran yang inovatif, efektif, dan relevan dengan kebutuhan zaman.