Signifikansi Pengembangan Kurikulum Abad 21 Berdasarkan Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme

Authors

  • Andi Nurfaizah Yusuf Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Ismail Ismail Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6608

Abstract

Dunia yang semakin terhubung dan perubahan yang cepat menuntut pendidikan abad ke-21 untuk membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan. Filosofi progresivisme, yang dipengaruhi oleh pemikiran John Dewey, menekankan pembelajaran berdasarkan pengalaman, keterlibatan aktif, dan pemahaman yang mendalam. Akan tetapi, kurikulum tradisional yang tidak mengadopsi prinsip-prinsip progresivisme mungkin kurang sesuai dengan kebutuhan sekolah saat ini. Studi ini mengkaji dan menyoroti pentingnya mengembangkan kurikulum abad ke-21 yang berbasis pada progresivisme untuk meningkatkan relevansi pendidikan dengan tuntutan zaman. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi literatur dan analisis konten, studi ini menunjukkan bahwa progresivisme sangat penting dalam mengembangkan kurikulum modern. Hasil utama meliputi penerapan pembelajaran berbasis proyek, pemberdayaan siswa, integrasi keterampilan, pembelajaran yang berfokus pada siswa, pengembangan karakter holistik, dan kesiapan masa depan. Temuan studi ini memberikan panduan bagi para pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang pengalaman belajar yang bermakna, serta mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dunia yang terus berkembang. Selain itu, penelitian ini membantu merancang kurikulum abad ke-21 dan metode pembelajaran yang sejalan dengan kebutuhan kontemporer, di mana guru dapat mendorong kreativitas, penemuan, dan pengembangan siswa secara keseluruhan melalui integrasi progresivisme dalam kurikulum.

Published

2025-01-09

How to Cite

Yusuf, A. N. ., & Ismail, I. . (2025). Signifikansi Pengembangan Kurikulum Abad 21 Berdasarkan Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 340-349. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6608