Analisis Implementasi Supervisi Pendidikan di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Studi Literatur Sistematis

Authors

  • Cicik Sulistyowati Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Marinu Waruwu Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Eny Enawaty Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Halida Halida Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6609

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD) melalui tinjauan literatur sistematis (SLR). Penelitian ini berfokus pada praktik supervisi manajerial dan akademik, dengan menyoroti pentingnya supervisi akademik yang efektif dalam membantu guru menerapkan strategi yang tepat yang disesuaikan dengan kebutuhan anak usia dini. Tantangan seperti sumber daya yang terbatas, implementasi yang tidak konsisten, dan hambatan teknologi, terutama di daerah terpencil, menghambat efektivitas pengawasan. Studi ini juga menekankan pentingnya teknik supervisi individu dan kelompok dalam mendukung kompetensi dan pengembangan profesional guru. Pengawasan yang efektif tidak hanya meningkatkan kinerja guru, tapi juga berkontribusi terhadap kualitas dan reputasi lembaga pendidikan secara keseluruhan. Temuan ini menyoroti perlunya pendekatan yang lebih terstruktur dan berkelanjutan terhadap supervisi di PAUD untuk memastikan peningkatan yang berkelanjutan dalam praktik pengajaran dan hasil belajar siswa.

Published

2025-01-09

How to Cite

Sulistyowati, C. ., Waruwu, M. ., Enawaty, E. ., & Halida, H. (2025). Analisis Implementasi Supervisi Pendidikan di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Studi Literatur Sistematis. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 416-422. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6609