Landasan Filsafat Progresivisme dalam Pengembangan Kompetensi Peserta Didik Abad-21

Authors

  • Rinaldi Masdar Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Ismail Ismail Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6615

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan landasan filosofis progresivisme dan implikasinya dengan pengembangan keterampilan peserta didik abad 21, serta mengeksplorasi bagaimana pendekatan ini dapat membantu peserta didik mempersiapkan diri menghadapi tantangan abad ke-21. Dalam artikel ini, digunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research). Langkah-langkah Penelitian: (1) Identifikasi Sumber: mencari sumber yang berkaitan dengan filsafat progresivisme dan perkembangan kompetensi abad ke-21. (2) Pengumpulan Data: peneliti membaca dan mencatat informasi yang relevan untuk mengumpulkan data. (3) Analisis sumber: mengidentifikasi argumen baru. (4) Sintesis Informasi: menyusun informasi yang telah dianalisis. (5) Penulisan Artikel.Filsafat progresivisme berpendapat bahwa pendidikan harus berpusat pada pengalaman siswa dan sesuai yang mereka inginkan. Filsafat progresivisme sangat berkaitan erat dengan pengembangan keterampilan abad 21 dari aspek berpikir kreatif. Filsafat progresivisme juga menekankan pemecahan masalah yang melibatkan pemikaran kritis. Aliran progresivisme melatih keterampilan kolaborasi siswa dengan baik serta memberikan kebebasan siswa tidak hanya dalam berkolaborasi tetapi juga mengembangkan komunikasi siswa. Aliran Progresivisme sangat relevan dengan konteks pendidikan saat ini dan menjadi landasan dalam pengembangan keterampilan siswa karena metode pembelajaran yang digunakan sangat sesuai dengan tuntutan zaman yakni menekankan pada pengembangan keterampilan abad-21, seperti berpikir kritis, penyelesaian masalah, dan kerja sama antar siswa.

Published

2025-01-09

How to Cite

Masdar, R., & Ismail, I. (2025). Landasan Filsafat Progresivisme dalam Pengembangan Kompetensi Peserta Didik Abad-21. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 350-356. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6615