Merancang Pembelajaran Inovatif: Solusi Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6618Abstract
Guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang memiliki peran strategis dalam menerapkan prinsip merdeka belajar untuk mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Guru penggerak juga diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan guna meningkatkan kualitas proses belajar – mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru penggerak dalam merancang pembelajaran inovatif berbasis kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Merbau Mataram Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru penggerak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam merancang pembelajaran inovatif guru penggerak menemukan ide-ide baru melalui refleksi pembelajaran. Refleksi tersebut digunakan untuk menilai efektivitas pembelajaran. Pembelajaran inovatif yang dirancang oleh guru penggerak meliputi pembelajaran berbasis literasi, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan pembelajaran berbasis masalah. Temuan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi guru penggerak dalam merancang pembelajaran inovatif yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dengan memahami pendekatan dan strategi yang terbukti efektif, guru penggerak dapat menerapkan metode pembelajaran yang kreatif, inovatif dan berbasis teknologi, sehingga dapat mendorong peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.