Merancang Pembelajaran Inovatif: Solusi Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Kurikulum Merdeka

Authors

  • Aisyah Nurfida Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Farida Farida Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Sunarto Sunarto Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Guntur Cahaya Kesuma Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6618

Abstract

Guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang memiliki peran strategis dalam menerapkan prinsip merdeka belajar untuk mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Guru penggerak juga diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan guna meningkatkan kualitas proses belajar – mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan peran guru penggerak dalam merancang pembelajaran inovatif berbasis kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Merbau Mataram Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru penggerak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam merancang pembelajaran inovatif guru penggerak menemukan ide-ide baru melalui refleksi pembelajaran. Refleksi tersebut digunakan untuk menilai efektivitas pembelajaran. Pembelajaran inovatif yang dirancang oleh guru penggerak meliputi pembelajaran berbasis literasi, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan pembelajaran berbasis masalah. Temuan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi guru penggerak dalam merancang pembelajaran inovatif yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dengan memahami pendekatan dan strategi yang terbukti efektif, guru penggerak dapat menerapkan metode pembelajaran yang kreatif, inovatif dan berbasis teknologi, sehingga dapat mendorong peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

Published

2025-01-09

How to Cite

Nurfida, A. ., Farida, F., Hasanah, U. ., Sunarto, S., & Kesuma, G. C. . (2025). Merancang Pembelajaran Inovatif: Solusi Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 364-372. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6618