Pendekatan Filosofis dan Progresif dalam Pendidikan: Analisis Perbandingan Metode, Tujuan, dan Hasil Pembelajaran

Authors

  • Putu Laksmita Ari Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Nyoman Jampel Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Dewa Bagus Sanjaya niversitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6621

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan filosofis dan progresif dalam pendidikan memiliki keunikan masing-masing dalam membangun pengalaman belajar yang efektif. Pendekatan filosofis, yang berakar pada dialog Socratic, hermeneutika, dan dialektika, menekankan pengembangan pemikiran kritis, refleksi mendalam, dan penalaran logis. Sementara itu, pendekatan progresif, yang berlandaskan pengalaman langsung dan partisipasi aktif siswa, berfokus pada pembelajaran berbasis proyek dan pengembangan keterampilan praktis. Artikel ini menganalisis perbandingan kedua pendekatan berdasarkan metode, tujuan, dan hasil pembelajaran. Dengan menggunakan metode penelitian komparatif, jurnal ini menemukan bahwa pendekatan filosofis dan progresif dapat saling melengkapi. Integrasi antara dialog filosofis dan pembelajaran berbasis proyek berpotensi menciptakan pendidikan yang holistik, membangun kemampuan berpikir kritis sekaligus keterampilan praktis. Artikel ini juga mengidentifikasi tantangan dalam implementasi integrasi ini, seperti kebutuhan pelatihan guru, sekaligus memberikan rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut.

Published

2025-01-09

How to Cite

Putu Laksmita Ari Dewi, Parmiti, D. P. ., Jampel, I. N. ., & Sanjaya, D. B. . (2025). Pendekatan Filosofis dan Progresif dalam Pendidikan: Analisis Perbandingan Metode, Tujuan, dan Hasil Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 408-415. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6621