Pendekatan Filosofis dan Progresif dalam Pendidikan: Analisis Perbandingan Metode, Tujuan, dan Hasil Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6621Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan filosofis dan progresif dalam pendidikan memiliki keunikan masing-masing dalam membangun pengalaman belajar yang efektif. Pendekatan filosofis, yang berakar pada dialog Socratic, hermeneutika, dan dialektika, menekankan pengembangan pemikiran kritis, refleksi mendalam, dan penalaran logis. Sementara itu, pendekatan progresif, yang berlandaskan pengalaman langsung dan partisipasi aktif siswa, berfokus pada pembelajaran berbasis proyek dan pengembangan keterampilan praktis. Artikel ini menganalisis perbandingan kedua pendekatan berdasarkan metode, tujuan, dan hasil pembelajaran. Dengan menggunakan metode penelitian komparatif, jurnal ini menemukan bahwa pendekatan filosofis dan progresif dapat saling melengkapi. Integrasi antara dialog filosofis dan pembelajaran berbasis proyek berpotensi menciptakan pendidikan yang holistik, membangun kemampuan berpikir kritis sekaligus keterampilan praktis. Artikel ini juga mengidentifikasi tantangan dalam implementasi integrasi ini, seperti kebutuhan pelatihan guru, sekaligus memberikan rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut.