Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah, Komunitas Belajar Guru dan Sarana Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Temanggung
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6623Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan pembelajaran, komunitas belajar, dan sarana prasarana TIK terhadap kinerja guru. Hasil uji deskriptif menunjukkan bahwa ketiga variabel independen berada pada kategori cukup baik. Kepemimpinan pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap kinerja guru dengan persamaan regresi Y = 1,077 + 0,040X1Y = 1,077 + 0,040X_1Y = 1,077 + 0,040X1, korelasi sebesar 0,902, dan kontribusi 81,3%. Pada variabel komunitas belajar, dimensi leadership memiliki skor tertinggi (0,758), sementara dimensi memasukan jam efektif pendidik memiliki skor terendah (0,691). Komunitas belajar berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan persamaan regresi Y = 11,776 + 0,030X2Y = 11,776 + 0,030X_2Y = 11,776 + 0,030X2, korelasi sebesar 0,924, dan kontribusi 85,3%. Untuk variabel sarana prasarana TIK, dimensi mengurangi verbalitas memiliki skor tertinggi (0,810), sedangkan dimensi relevansi memiliki skor terendah (0,657). Sarana prasarana TIK memberikan pengaruh positif terhadap kinerja guru dengan persamaan regresi Y=0,986+0,035X3Y = 0,986 + 0,035X_3Y=0,986+0,035X3, korelasi sebesar 0,913, dan kontribusi 83,3%. Secara simultan, kepemimpinan pembelajaran, komunitas belajar, dan sarana prasarana TIK berpengaruh sangat kuat terhadap kinerja guru dengan persamaan regresi berganda Y = 5,445 + 0,238X1 + 0,432X2 +0,362X3Y = 5,445 + 0,238X_1 + 0,432X_2 + 0,362X_3Y = 5,445 + 0,238X1 + 0,432X2 + 0,362X3, korelasi sebesar 0,942, dan kontribusi 88,5%. Temuan ini menunjukkan bahwa variabel-variabel tersebut secara signifikan mendukung peningkatan kinerja guru di sekolah.