Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMK

Authors

  • Gemilang Rahmatulloh Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Ainal Ghani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Muhammad Mustofa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Era Octafiona Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Ais Isti’ana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6630

Abstract

Tujuan penelitian ini addalaha mengetahui pengaruh Penerapan Kurikulum
Merdeka dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar peserta didik di SMK Bina Latih Karya yang ada di kota Bandar Lampung. Sampel penelitian ini berjumlah 50 peserta didik, dengan menggunakan teknik random sampling. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Ex post facto, teknik pengumpulan yang dipakai data adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan uji hipotesis seperti Uji Uji-tTest, Uji Uji-F dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan hasil yang didapat adalah Penerapan Kurikulum Merdeka memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Motivasi belajar peserta didik di SMK Bina Latih Karya. Hal ini dibuktikan dengan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan kurikulum merdeka dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik di SMK Binda Latih Karyadan pengaruh tersebut sebesar 55% dan 45% dipengaruhi faktor lainnya.

Published

2025-01-13

How to Cite

Rahmatulloh, G. ., Ghani, A. ., Mustofa, M. ., Octafiona, E. ., & Isti’ana, A. . (2025). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 807-812. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6630