Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Permainan Edukatif di Sekolah Inklusi

Authors

  • Deby M Malelak Universitas Persatuan Guru 1945 NTT, Indonesia
  • Rocky P Sekoni Universitas Persatuan Guru 1945 NTT, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6633

Abstract

Media pembelajaran perlu dikembangkan secara khusus untuk digunakan sebagai alat pengajaran guna mendukung kegiatan pembelajran. Memeberikan ragsangan terhadap setiap pelajran sangat membutuhkan kreatifitas guru agar pembelajaran interaktif dapat berjalan. Banyak guru pada sekolah inklusi memilih media pembelajaran tidak berdasarkanan analisis kebutuhan siswa, padahal karakter bermain anak masih sangat kuat dalam proses ini. Untuk itu penelitian ini dapat menjadi referensi pengembangan media ajar dan kurikulum yang tepat berdasarkan kebutuhan siswa. Permainan edukatif saat ini menjadi salah satu pendekatan pembelajaran berbasis pendidikan karakter yang banyak dipakai oleh guru untuk pembelajaran interaktif di kelas, namun guru pada Sekolah inklusi sendiri tidak peka dalam melihat fenomena yang ada saat ini, sehingga besar kemungkinan proses pembelajaran tidak mencapai target pembelajaran. Melalui Metode Deskriptif kualitatif, ekperimental dengan pendekatan ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis pendidikan karakter terhadap kebutuhan belajar Bahasa Inggris menggunakan permainan edukatif pada sekolah inklusi di Asumpta Kupang. Hasil Ketercapaian efektif 84,97% dari respon positif siswa dan keterlaksana media pembelajaran mencapai 80%, dan tervalidasinya semua tahapan pelaksanaan penelitian observasi dan wawancara, membuktikan bahwa permaianan edukatif word fishing dapat dikembangkan sebagai solusi kreatif dan inovatif untuk menghilangkan kejenuhan, melatih konsentrasi dan imajinasi siswa pada kelas inklusi.

Published

2025-01-10

How to Cite

Malelak, D. M. ., & Sekoni, R. P. . (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Permainan Edukatif di Sekolah Inklusi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 676-681. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6633