Peran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam Menghadapi Tantangan SDM di Society 5.0

Authors

  • Chandra Sagul Haratua Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Ayu Lestari Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Rosiana Cyntia Abdul Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Wiwin Dwi Haryanti Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Suratno Suratno Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Toni Ardiansyah Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6635

Abstract

Pentingnya keterampilan abad 21 dalam menghadapi tantangan era Society 5.0, yang merupakan masyarakat berpusat pada manusia yang mengintegrasikan kemajuan teknologi dengan penyelesaian masalah sosial. Dalam konteks ini, pendidikan memainkan peran krusial dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu beradaptasi dengan perubahan cepat dan kompleksitas yang dihadapi di era digital. Salah satu bidang yang juga terpengaruh oleh Society 5.0 adalah pembelajaran matematika dan ilmu pengetahuan alam. Keterampilan seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi menjadi fondasi yang diperlukan untuk sukses di masyarakat modern. Selain itu, artikel ini menyoroti perlunya inovasi dalam metode pembelajaran dan penggunaan teknologi dalam pendidikan untuk meningkatkan efektivitas proses belajar. Teknis analitis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain penelitian literature review. Dengan memanfaatkan teknologi canggih dan pendekatan yang lebih modern, diharapkan pendidik dapat menghasilkan generasi yang siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi positif dalam masyarakat 5.0.

Published

2025-01-03

How to Cite

Haratua, C. S. ., Lestari, A. ., Abdul, R. C. ., Haryanti, W. D. ., Suratno, S., & Ardiansyah, T. . (2025). Peran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam Menghadapi Tantangan SDM di Society 5.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 218-224. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6635