Penerapan Media Pembelajaran Power Point Interaktif terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6645Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran PowerPoint interaktif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa di SDN 2 Bulus Tulungagung. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif, penelitian ini melibatkan 11 siswa kelas 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media PowerPoint interaktif berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa, yang terlihat dari indikator kelancaran, keluwesan, keaslian, dan keterincian. Siswa yang sebelumnya kurang aktif dalam pembelajaran konvensional menunjukkan peningkatan motivasi dan partisipasi setelah menggunakan media ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media PowerPoint interaktif efektif dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan mendukung pengembangan keterampilan berpikir kreatif siswa.