Penerapan Media Pembelajaran Google Sites untuk Mendukung Pemahaman Konsep Siswa

Authors

  • Qoshirotul Fitroh Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Shokhibul Arifin Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Ika Puspitasari Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6646

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan media pembelajaran berbasis situs Google untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep Pendidikan Agama Islam (PAI)di SMK Muhammadiyah 2 Brondon. Siswa bosan dan tidak mau lagi mengajarkan materi dengan cara tradisional. Dengan diperkenalkannya media pembelajaran Google Sites, siswa dapat memperdalam pemahamannya terhadap konsep-konsep pada materi yang diajarkan oleh gurunya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara yang melibatkan 31 siswa di kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google sites sebagai media pembelajaran dapat meningkatakan pemahaman siswa terhadapa konsep dalam pealajaran PAI serta meningkatkan antusian dan motivasi dalam pembelajaran. Selain itu, media ini juga memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa, sehingga mereka lebih mudah memahami materi. Guru juga merasa terbantu dengan fitur-fitur yang disediakan oleg Google sites, yang mempermudah penyusunan materi dan penyajian informasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media berbasis teknologi seperti google sites dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa di mata pelajaran PAI.

Published

2025-01-10

How to Cite

Fitroh, Q. ., Arifin, S. ., & Puspitasari, I. . (2025). Penerapan Media Pembelajaran Google Sites untuk Mendukung Pemahaman Konsep Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 565-571. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6646