Pengaruh Penerapan Model PBL Berbantu Media Powerpoint dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Rantai Makanan Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6649Abstract
Kemajuan pendidikan di abad ke-21 menuntut pengembangan keterampilan berpikir kritis pada siswa, terutama di tingkat sekolah dasar, di mana metode pengajaran tradisional seringkali menghambat partisipasi aktif siswa. Keterampilan berpikir kritis sangat penting untuk membantu siswa menganalisis dan memecahkan masalah kehidupan nyata. Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas model Problem-Based Learning (PBL), yang dipadukan dengan media PowerPoint, dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas lima pada topik rantai makanan. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka, menganalisis berbagai sumber ilmiah terkait implementasi PBL dan PowerPoint. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan model PBL dengan dukungan PowerPoint mengalami peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis, seperti analisis, evaluasi, dan pengembangan argumen, dengan peningkatan rata-rata sebesar 15-20% dibandingkan siswa yang diajar menggunakan metode tradisional. Pendekatan ini tidak hanya mendorong keterlibatan aktif siswa, tetapi juga memperdalam pemahaman mereka terhadap konsep ilmiah yang kompleks, seperti rantai makanan.
Sebagai kesimpulan, integrasi model PBL dengan media PowerPoint terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan direkomendasikan sebagai strategi pengajaran inovatif dan praktis untuk pembelajaran sains di sekolah dasar.