Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Karakter Mandiri di Sekolah Dasar

Authors

  • Turasmi Turasmi Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Erra May Hilda Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Titik Haryati Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6651

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat sekolah dasar memberikan ruang inovasi melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk membangun karakter mandiri pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dengan fokus pada pelaksanaan P5 dalam membentuk karakter mandiri di sekolah dasar. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan guru, serta studi dokumen di Sekolah Dasar Negeri Srondol Wetan 02 yang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P5 dilakukan melalui kegiatan berbasis proyek yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran kontekstual, seperti kegiatan menanam atau penghijauan di kebun sekolah, pengelolaan sampah, dan proyek literasi digital. Strategi pembelajaran berbasis diferensiasi serta penggunaan asesmen formatif dan sumatif menjadi pendukung utama keberhasilan program ini. Selain itu, keterlibatan semua pemangku kepentingan, termasuk guru, siswa, orang tua, dan komite sekolah, menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan Kurikulum Merdeka melalui P5 efektif dalam mengembangkan karakter mandiri siswa, meskipun terdapat tantangan dalam pengelolaan waktu dan ketersediaan sumber daya. Rekomendasi diberikan untuk penguatan pelatihan guru dan kolaborasi antar sekolah untuk mengoptimalkan hasil implementasi ini.

Published

2025-01-13

How to Cite

Turasmi, T., Hilda, E. M. ., & Haryati, T. . (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Karakter Mandiri di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 909-914. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6651