Strategi Komunikasi Cv. Graha Pratama Fish dalam Upaya Meningkatkan Kewirausahaan Masyarakat Desa Wisata Kampung Patin Melalui Target ‘One House, One Entrepreneur’

Authors

  • Desi Saputri Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6663

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem penerimaan, pengeluaran stok barang dari gudang pusat ke outlet, mengetahui sistem penerimaan bahan baku dan bahan penolong di outlet dan gudang utama restoran, serta informasi stok barang yang akurat dapat mendorong pengambilan keputusan bisnis untuk investasi persediaan menjadi efisien dan efektif sehingga bisnis dapat bertahan dan berkembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif pada UKM Kuliner di Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah diagram alir dari gudang ke outlet. Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dapat secara otomatis menghitung dan memperbarui EOQ dan ROP berdasarkan data penjualan dan permintaan aktual sehingga dapat memberikan solusi terintegrasi untuk permasalahan manajemen persediaan dari outlet ke kantor pusat. Dengan formulir standar yang memudahkan aliran barang dan pesanan, model ini membantu manajemen untuk memaksimalkan investasi persediaan secara efektif dan efisien. Hal ini berdampak positif pada pemenuhan pesanan tepat waktu, peningkatan penjualan dan pendapatan outlet, serta mendukung keberlanjutan dan pengembangan usaha kuliner UKM. Secara keseluruhan, penerapan sistem ini mendorong efektivitas manajemen dan meningkatkan laba dengan tetap menjaga kepuasan pelanggan. Penelitian ini menghasilkan model Sistem Informasi Akuntansi flowchat dengan outlet yang terdiri dari outlet ke kantor pusat, dan menggunakan formulir Surat Jalan, Surat Permintaan Barang, Laporan Penerimaan Barang, Kartu Persediaan Bahan Baku, dan Kartu Persediaan Bahan Bantu.

Published

2025-01-10

How to Cite

Saputri, D. (2025). Strategi Komunikasi Cv. Graha Pratama Fish dalam Upaya Meningkatkan Kewirausahaan Masyarakat Desa Wisata Kampung Patin Melalui Target ‘One House, One Entrepreneur’. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 599-611. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6663