Problematika Keterlambatan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun dalam Aspek Fonologi (Studi Kasus di TK Nurul Islam Jatirejo Kabupaten Lumajang)

Authors

  • Amanatul Uluwiyah Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Nur Hidayah Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Fattah Hanurawan Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6670

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab problematika berbicara anak usia lima tahun yaitu keterlambatan bahasa khususnya pada aspek fonologi. Masalah utama yang diteliti berkaitan dengan gangguan bahasa, yang dalam konteks ini merujuk pada gangguan komunikasi anak, khususnya dalam penggunaan simbol bahasa (fonem). Penelitian ini fokus pada keterlambatan dalam pengucapan bunyi bahasa pada anak berusia lima sampai enam tahun, terutama pada aspek fonologi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik simak catat, di mana data dikumpulkan melalui wawancara. Pertanyaan yang diajukan kepada subjek disesuaikan agar mudah dipahami oleh anak.

Published

2025-01-14

How to Cite

Uluwiyah, A. ., Hidayah, N. ., & Hanurawan, F. . (2025). Problematika Keterlambatan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun dalam Aspek Fonologi (Studi Kasus di TK Nurul Islam Jatirejo Kabupaten Lumajang). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 1036-1042. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6670