Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kompetensi Profesional Guru di SD Negeri Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6672Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kompetensi profesional guru di SD Negeri Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data berupa uji t dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Supervisi kepala sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi profesional guru. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 16,440 lebih besar dari ttabel sebesar 1,9737, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru adalah 61,2%. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi profesional guru. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 8,710 lebih besar dari tabel sebesar 1,9737, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh motivasi kerja terhadap kompetensi profesional guru adalah 30,7%. Supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi profesional guru. Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 141,366 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,66, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kontribusi efektif supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kompetensi profesional guru adalah 62,5%. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa peningkatan supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja dapat meningkatkan kompetensi profesional guru di sekolah dasar.