Peran Etika Profesi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran melalui Pembelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6693Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran etika profesi guru dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran melalui pembelajaran PKn dapat menciptakan siswa yang unggul dan berprestasi di tengah-tengah masyarakat. Latar belakang penelitian ini didasari oleh sikap siswa yang sudah mulai tidak jujur atau tidak taat pada aturan baik di dalam maupun di luar sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana peneliti langsung turun ke lapangan untuk mewawancarai guru PKn terkait permasalahan yang ditemukan. Ada beberapa hal yang menjadi peran etika profesi guru dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran dalam pembelajaran PKn yaitu dengan cara yaitu dengan mencontohkan perilaku jujur, mulai dari penilaian secara objektif, dalam berkomunikasi, melalui tugas-tugas yang berkaitan dengan kejujuran pada mata pelajaran PPKn, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menghormati hak siswa, dan pemberian sanksi yang adil apabila ada siswa yang bersalah.