Pengaruh Penerapan Adaptasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Kooperatif Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI di SMAN 5 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6713Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi sosio emosional siswa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan divisi prestasi tim siswa yang kooperatif berdampak pada prestasi siswa di sekolah. Penelitian ini dilakukan melalui eksperimen semu dengan desain pretest-posttest dua perawatan. Metode sampling purposive digunakan untuk mengumpulkan sampel untuk penelitian ini. Hasil analisis data dilakukan menggunakan uji t-test sample independent dengan taraf signifikansi 0,05. Untuk uji hipotesis, diperoleh thitung = 0,041 dengan taraf signifikansi 0,05; jika diinterpretasikan, maka thitung < 0,05, sehingga hipotesis H0 ditolak. Oleh karena itu, hasil belajar siswa di SMAN 5 Samarinda pada materi sistem reproduksi kelas XI dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan Divisi Prestasi Tim Peserta Ujian.