Asesmen Permasalahan Peserta Didik di SMK XYZ Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6722Abstract
Asesmen dilakukan untuk menggali dinamika dan faktor penentu yang mendasari munculnya masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan peserta didik dalam bidang pribadi, sosial, karir dan belajar dalam penyusunan program bimbingan dan konseling di SMK XYZ Jakarta. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 36 orang siswa kelas X SMK XYZ Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah DCM (Daftar Cek Masalah). Sedangkan analisis data menggunakan aplikasi analisis kelompok yaitu menjumlahkan banyaknya peserta didik yang mempunyai butir masalah yang sama untuk tiap butir serta mencari persentase masalah dengan cara mencari rasio antara banyaknya peserta didik yang bermasalah untuk butir tertentu dengan jumlah peserta didik. Hasil analisis masalah peserta didik bidang pribadi 34,02%, bidang sosial 37,20%, bidang belajar 12,44% dan bidang karir 16,34%. Hal ini menunjukkan bahwa bidang sosial merupakan permasalan yang paling banyak dimiliki peserta didik. Sementara itu bidang belajar merupakan permasalahan yang sedikit dialami peserta didik.