Pelaksanaan Asesmen Kebutuhan Perkembangan Peserta Didik dalam Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling di SMP Bekasi

Authors

  • Neni Husniawati Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Herdi Herdi Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6727

Abstract

Angket kebutuhan peserta didik (AKPD) adalah angket yang berisi sejumlah pertanyaan berupa pernyataan yang berkaitan dengan permasalahan yang diasumsikan terjadi pada peserta didik. Hasil pengolahan angket tersebut membantu guru bimbingan dan konseling dalam merancang program bimbingan dan konseling untuk membantu siswa mengatasi masalah yang dialaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu guru bimbingan dan konseling dalam mengimplementasikan program bimbingan dan konseling bagi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel populasi 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian analisis kebutuhan peserta didik, materi yang paling dibutuhkan dalam pemberian layanan adalah materi terkait masalah perbuatan yang tidak sesuai dengan ucapan, merasa malu berinteraksi dengan guru, kesulitan dalam memahami pelajaran dan ketidak tahuan tentang OSIS dan kegiatannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu aplikasi yang digunakan oleh siswa dalam kurikulum bimbingan dan konseling adalah AKPD.

Published

2025-01-13

How to Cite

Husniawati, N. ., & Herdi, H. (2025). Pelaksanaan Asesmen Kebutuhan Perkembangan Peserta Didik dalam Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling di SMP Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 890-896. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6727