Analisis Keefektifan Kalimat dalam Skripsi Mahasiswa Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6737Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan kebahasaan pada skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 12 skripsi mahasiswa, diperoleh temuan sebagai berikut: pertama, terdapat 242 kalimat yang tidak memenuhi aspek kegramatikalan. Kesalahan pada aspek ini mencakup komponen kesatuan gagasan, kepaduan atau koherensi, keparalelan bentuk, kecermatan, kehematan kata, serta kelogisan atau penalaran. Kedua, ditemukan 412 kalimat yang mengalami ketidaktepatan dalam pemilihan kata. Faktor penyebab ketidaktepatan ini antara lain penggunaan kata tidak baku, istilah yang terpengaruh bahasa asing, dan ketidaktepatan makna. Ketiga, ditemukan 1192 kesalahan ejaan yang meliputi kesalahan pemakaian huruf, penulisan kata, dan penggunaan tanda baca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan kompetensi kebahasaan mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah, khususnya pada aspek kegramatikalan, diksi, dan ejaan agar kualitas penulisan akademik dapat lebih baik.