Implementasi Ayat Profesionalisme Guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di MAN 1 Kabupaten Bandung

Authors

  • Hafid Hafid UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Cecep Anwar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Muhammad Raid Arrofi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Wardatul Hayati UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6745

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi profesionalisme guru sesuai dengan nilai-nilai Al-Qur’an dalam Kurikulum Merdeka di MAN 1 Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi literatur yang diintegrasikan dengan observasi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayat-ayat Al-Qur’an, seperti QS. Al-Isra: 84, QS. Ali Imron: 164, dan QS. Al-Baqarah: 2, menegaskan pentingnya profesionalisme dalam pengajaran. MAN 1 Kabupaten Bandung mengadopsi pendekatan Kurikulum Merdeka dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam untuk mendukung pembelajaran yang inovatif dan berkarakter. Hal ini diwujudkan melalui penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM), program penguatan profil pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin, serta pelaksanaan proyek berbasis kompetensi. Dengan langkah-langkah tersebut, MAN 1 Kabupaten Bandung berhasil menciptakan ekosistem pendidikan yang selaras dengan nilai-nilai Islam dan tuntutan Kurikulum Merdeka.

Published

2025-01-14

How to Cite

Hafid , H. ., Anwar, C. ., Arrofi, M. R. ., & Hayati, W. . (2025). Implementasi Ayat Profesionalisme Guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di MAN 1 Kabupaten Bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 1060-1067. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6745