Systematic Literature Review: Efektivitas Pembelajaran Pembelajaran Plugged dan Unplugged dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6746Abstract
Dengan berkembangnya jaman di Abad 21 ini, kemampuan berpikir komputasional merupakan salah satu kompetensi yang diperlukan oleh anak jaman sekarang untuk menghadapi masa depan. Ada dua metode yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan berpikir komputasional anak, yaitu dengan cara menggunakan komputar atau sering disebut plugged dan tanpa menggunakan computer atau yang disebut unplugged. Baik plugged maupun unplugged mempunyai keuntungannya masing-masing. Artikel ini merupakan penelitian kajian literatur akan membahas keefektifan penggunaan pembelajaran plugged dan unplugged yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional pada siswa. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan berpikir komputasional peserta didik pada semua jenjang pendidikan dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan pendekatan plugged dan unplugged maupun kombinasi kedua pendekatan tersebut. Tingkat keefektifan dari ketiga pendekatan tersebut dipengaruhi oleh jenjang pendidikan peserta didik yang dijadikan objek penelitian sesuai dengan teori perkembangan kognitif menurut Jean Piaget.