Pendekatan Sistematis dengan Dukungan Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Toilet Training pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6753Abstract
Gangguan Spektrum Autisme (Autism Spectrum Disorder/ASD) secara klinis ditandai dengan kesulitan dalam komunikasi sosial serta perilaku yang terbatas dan repetitif. Kondisi ini memengaruhi kemampuan individu dalam berinteraksi sosial, komunikasi, dan menjalankan aktivitas sehari-hari. Anak-anak dengan ASD sering menghadapi hambatan dalam kemandirian, termasuk dalam keterampilan toilet training, yang esensial bagi kualitas hidup dan partisipasi sosial mereka. Keterlambatan dalam toilet training dapat berdampak negatif terhadap kesejahteraan psikologis, kesehatan, dan hubungan sosial anak, sehingga memerlukan pendekatan intervensi yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal (Single Case Experiment) untuk mengevaluasi efektivitas kombinasi metode chaining dan picture modeling dalam meningkatkan keterampilan toilet training pada seorang anak laki-laki berusia 11 tahun 3 bulan dengan ASD. Hasil asesmen menunjukkan bahwa subjek mengalami keterlambatan signifikan dalam perkembangan adaptif, dengan usia perkembangan setara dengan 3 tahun 11 bulan, berdasarkan Vineland Adaptive Behavior Scale (VABS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi metode metode chaining dan picture modeling efektif dalam meningkatkan kemampuan subjek dalam toilet training. Pendekatan ini membantu subjek mengenali kebutuhan toileting dan menyelesaikan rangkaian aktivitas secara mandiri.