Supervisi Klinis Konvergensi untuk Meningkatkan Profesional Guru dalam Menerapkan Keterampilan Bertanya pada Pembelajaran Berdeferensiasi di SMP Negeri 6 Sidoarjo

Authors

  • Dwi Wahyulianti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Sholeh Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Murtadlo Murtadlo Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6755

Abstract

Kurikulum Merdeka dirancang untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dari berbagai latar belakang, dengan tujuan menghasilkan individu yang mandiri dan mampu menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Proses pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan ini adalah pembelajaran berdeferensiasi, yang menjadi fokus utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Pembelajaran berdeferensiasi mengakomodasi berbagai kebutuhan peserta didik, dan praktik baiknya dapat ditemukan melalui aplikasi PMM (Platform Merdeka Mengajar). Keterampilan bertanya menjadi salah satu hal yang dibutuhkan untuk dapat mengeksplore kebutuhan belajar peserta didik yang beragam. Keberhasilan implementasi ini dapat diukur melalui rapor pendidikan, dengan salah satu indikatornya adalah kualitas pembelajaran. Asesmen nasional yang meliputi AKM, survei karakter, dan survei lingkungan belajar digunakan untuk mengukur kemampuan literasi, numerasi, karakter, serta iklim keamanan dan kebhinekaan di sekolah. Kepala sekolah berperan sebagai supervisor yang membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu langkah yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran tersebut adalah melalui supervisi klinis. Dengan supervisi ini, diharapkan guru dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan mencapai hasil yang optimal sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka, yakni memenuhi kebutuhan setiap peserta didik secara individual.

Published

2025-01-12

How to Cite

Wahyulianti, D. ., Sholeh, M. . ., & Murtadlo, M. (2025). Supervisi Klinis Konvergensi untuk Meningkatkan Profesional Guru dalam Menerapkan Keterampilan Bertanya pada Pembelajaran Berdeferensiasi di SMP Negeri 6 Sidoarjo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 794-800. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6755