Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media History card terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Sejarah

Authors

  • Bismi Yanda Putri Bestari Universitas Riau, Indonesia
  • Isjoni Isjoni Universitas Riau, Indonesia
  • Refli Surya Barkara Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6760

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis media history card terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI pada mata pelajaran sejarah di SMAN 6 Mandau. Penelitian menggunakan desain Quasi-Experimental dengan kelompok kontrol dan eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI 9 sebagai kelas eksperimen dan XI 3 sebagai kelas kontrol, dengan materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yang menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) berbasis history card dibandingkan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Siswa pada kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih baik. Uji-t menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,030, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak (0,030 < 0,05). Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis history card memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa sebesar 78,7%, berdasarkan perhitungan koefisien determinasi (r²).

Published

2025-01-02

How to Cite

Bestari, B. Y. P. ., Isjoni, I., & Barkara, R. S. . (2025). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media History card terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Sejarah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 57-63. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6760