Strategi Humas Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dalam Pengelolaan Informasi Publik di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6761Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi hubungan masyarakat (humas) pemerintah yaitu humas Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam mengelola informasi publik di era digital. Penelitian ini dilakukan berdasarkan teori manajemen humas yang dikemukakan oleh Cutlip & Center. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan perolehan data primer melalui metode wawancara mendalam dengan 5 (lima) key informan dari humas BPKP. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa humas BPKP menerapkan manajemen humas dalam beberapa tahapan yaitu, fact finding, planning and organizing, action and communicating, serta evaluating dalam merancang dan menerapkan strategi pengelolaan informasi publik di era digital. Dalam proses fact finding humas BPKP menggunakan Media Monitoring untuk mendapatkan data-data dari media sosial, media cetak, dan media online mengenai instansi dan isu pengawasan. Kemudian data tersebut digunakan untuk tahap selanjutnya yaitu perencanaan program, humas BPKP merencanakan program pengelolaan komunikasi dan informasi publik untuk 1 (satu) tahun. Selanjutnya, humas BPKP melakukan tahapan action and communicating, humas BPKP melaksanakan pengelolaan komunikasi dan informasi publik. Humas BPKP dalam melaksanakan pengelolaan komunikasi dan informasi publik melibatkan khalayak internal dan eksternal instansi. Setelah pengelolaan komunikasi dan informasi publik dilakukan, humas BPKP melakukan evaluasi di akhir tahun dengan metode survei yaitu Survei Indeks Pengelolaan Reputasi untuk khalayak eksternal dan Survei Indeks Kualitas Layanan untuk khalayak internal untuk mengetahui capaian Indikator Kinerja Utama.