Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis QR Code untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X TI SMKS Darel Hikmah Pekanbaru

Authors

  • Hana Puspita Sari Universitas Riau, Indonesia
  • Isjoni Ishaq Universitas Riau, Indonesia
  • Suroyo Suroyo Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6763

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui langkah-langkah Pengembangan media pembelajaran poster berbasis QR Code untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X TI SMKS Darel Hikmah Pekanbaru. 2) Untuk mengetahui kelayakan Pengembangan media pembelajaran poster berbasis QR Code untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X TI SMKS Darel Hikmah Pekanbaru. 3) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran poster berbasis QR Code dalam pembelajaran sejarah Kelas X TI SMKS Darel Hikmah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain/perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil validasi ahli materi materi memperoleh 90%, ahli media memperoleh hasil 95%, selain itu penilaian oleh siswa kelompok kecil terhadap media memperoleh 92%, penilaian oleh siswa kelompok besar terhadap media memperoleh 86,83% dan penilaian oleh guru terhadap media memperoleh 98%. Minat belajar siswa dalam uji coba kelompok kecil sebelum menggunakan media diperoleh hasil presentase sebesar 62,2% dan setelah menggunakan media pembelajaran Poster berbasis QR Code memperoleh 92% dengan. Selanjutnya minat belajar siswa dalam uji coba kelompok besar sebelum menggunakan media diperoleh hasil presentase sebesar 64% dan setelah menggunakan media pembelajaran Poster berbasis QR Code memperoleh 81,67%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran poster berbasis QR Code layak digunakan dan mampu untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran sejarah.

Published

2025-01-09

How to Cite

Sari, H. P. ., Ishaq, I. ., & Suroyo, S. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis QR Code untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X TI SMKS Darel Hikmah Pekanbaru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 286-297. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6763