Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kelas X SMAS Handayani Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6764Abstract
Pemanfaatan media teknologi kekinian masih kurang menyebabkan rendahnya kemampuan siswa pada mata pelajaran sejarah, sehingga diperlukan pengembangan E-Modul berbasis Flipbook dengan tekonologi kekinian. Penelitian ini dilakukan di SMAS Handayani Pekanbaru dengan objek penelitian penegmbangan E-Modul berbasis Flipbook dengan materi perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan R&D dengan desain model 4D. Teknik pengumpulan data berupa obeservasi, dokumentasi, tes dan angket. Subyek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMAS Handayani Pekanbaru yang berjumlah 6 pesera didik dari X1 dan 26 peserta didik dari X2. Hasil akhir produk didapatkan penilaian ahli validasi media 93,3%, ahli materi 90%, dan ahli soal 94%. Tingkat kelayakan produk dari respon uji coba kelompok kecil mencapai presentase 92%, dan pada kelompok besar 92,78%. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa sudah mencapai presentase 88,4% denan kualifikasi “Sangat Layak”.