Pengembangan Media Poster Cagar Budaya di Koto Sentajo Berbasis Augmented Reality dalam Pembelajaran Sejarah pada Materi Masuknya Islam Ke Indonesia Kelas X SMAN 1 Sentajo Raya
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6765Abstract
Penelitian ini mencoba mengembangkan media poster cagar budaya di Koto Sentajo berbasis augmented reality dalam pembelajaran sejarah pada materi masuknya slam ke Indonesia kelas X SMAN 1 Sentajo Raya. Jenis penelitiannya yaitu Penelitian Pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang dibagi menjadi lima tahapan yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Sentajo Raya dengan subjek uji coba kelompok kecil berjumlah 10 orang dan kelompok besar 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pada proses pengembangan tercipta media poster cagar budaya di Koto Sentajo berbasis augmented reality dalam pembelajaran sejarah pada materi masuknya slam ke Indonesia kelas X SMAN 1 Sentajo Raya; 2) hasil uji kelayakan secara keseluruhan media poster cagar budaya berbasis augmented reality memperoleh persentase 90% dari ahli materi, 93,84% dari ahli media, 86,6% penilaian siswa uji coba kelompok kecil serta 87,08% penilaian siswa uji coba kelompok besar dengan kategori keseluruhan “sangat layak”.