Pengembangan Media Poster Cagar Budaya di Koto Sentajo Berbasis Augmented Reality dalam Pembelajaran Sejarah pada Materi Masuknya Islam Ke Indonesia Kelas X SMAN 1 Sentajo Raya

Authors

  • Nurihsani Puji Lestari Universitas Riau, Indonesia
  • Suroyo Suroyo Universitas Riau, Indonesia
  • Yuliantoro Yuliantoro Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6765

Abstract

Penelitian ini mencoba mengembangkan media poster cagar budaya di Koto Sentajo berbasis augmented reality dalam pembelajaran sejarah pada materi masuknya slam ke Indonesia kelas X SMAN 1 Sentajo Raya. Jenis penelitiannya yaitu Penelitian Pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang dibagi menjadi lima tahapan yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Sentajo Raya dengan subjek uji coba kelompok kecil berjumlah 10 orang dan kelompok besar 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pada proses pengembangan tercipta media poster cagar budaya di Koto Sentajo berbasis augmented reality dalam pembelajaran sejarah pada materi masuknya slam ke Indonesia kelas X SMAN 1 Sentajo Raya; 2) hasil uji kelayakan secara keseluruhan media poster cagar budaya berbasis augmented reality memperoleh persentase 90% dari ahli materi, 93,84% dari ahli media, 86,6% penilaian siswa uji coba kelompok kecil serta 87,08% penilaian siswa uji coba kelompok besar dengan kategori keseluruhan “sangat layak”.

Published

2025-01-03

How to Cite

Lestari, N. P. ., Suroyo, S., & Yuliantoro, Y. (2025). Pengembangan Media Poster Cagar Budaya di Koto Sentajo Berbasis Augmented Reality dalam Pembelajaran Sejarah pada Materi Masuknya Islam Ke Indonesia Kelas X SMAN 1 Sentajo Raya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 213-217. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6765