Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun melalui Metode ATIK Permainan Mengisi Botol
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6767Abstract
Konsentrasi disebut dengan memusatkan perhatian terhadap suatu objek yang kita pelajari. Konsentrasi anak dalam belajar sangat penting agar anak dapat berkonsentrasi pada materi yang diajarkan oleh guru. Rendahnya tingkat konsentrasi di TK ABA 2 Pendil sehingga menjadi problem yang harus diselesaikan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan informasi dilakukan melalui observasi, tindakan, wawancara serta dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana metode ATIK berupa permainan mengisi botol dapat digunakan untuk meningkatkan konsentrasi anak. Adapun peningkatan persentase konsentrasi dari Pra Siklus sebesar 41,50%, pada Siklus I mengalami kenaikan dengan rata-rata sebesar 53,95%, serta Siklus II yang mengalami kenaikan pesat dengan rata-rata sebesar 95,05%. Kesimpulan dari penelitian ini ialah metode ATIK berupa permainan mengisi botol dapat meningkatkan konsentrasi anak dengan menggunakan beberapa tahapan yang telah di tentukan pada penelitian ini.