Pengembangan Media Permainan Jenga Balok dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Pengetahuan Mengenai Kolonialisme dan Perlawanan Bangsa Indonesia pada Peserta Didik Kelas XI SMA Santo Tarcisius Dumai

Authors

  • Grace Rumondang Universitas Riau, Indonesia
  • Isjoni Ishaq Universitas Riau, Indonesia
  • Yuliantoro Yuliantoro Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6770

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan jenga balok pada materi kolonialisme dan perlawanan bangsa Indonesia pada peserta didik kelas XI SMA Santo Tarcisius Dumai. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan diantaranya analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil validasi ahli untuk media permainan jenga balok memperoleh persentase 86,7% dari ahli media, 92,5% dari ahli materi, 91,1% dari peserta didik, 96,7% dari guru mata pelajaran sejarah dengan keseluruhan dari hasil persentase mendapatkan kategori “sangat baik/ sangat layak”. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengembangan media permainan jenga balok pada materi kolonialisme dan perlawanan bangsa Indonesia pada peserta didik kelas XI SMA Santo Tarcisius dapat dikatakan baik dilihat dari hasil keseluruhan persentase yang didapatkan.

Published

2025-01-10

How to Cite

Rumondang, G. ., Ishaq, I. ., & Yuliantoro, Y. (2025). Pengembangan Media Permainan Jenga Balok dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Pengetahuan Mengenai Kolonialisme dan Perlawanan Bangsa Indonesia pada Peserta Didik Kelas XI SMA Santo Tarcisius Dumai. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 486-496. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6770