Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Leaflet Digital pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMK Abdurrab Pekanbaru

Authors

  • Leli Suryana Universitas Riau, Indonesia
  • Ahmal Ahmal Universitas Riau, Indonesia
  • Asyrul Fikri Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6772

Abstract

1) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis leaflet digital pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam pembelajaran sejarah Indonesia kelas XI SMK Abdurrab Pekanbaru. 2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis leaflet digital pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam pembelajaran sejarah Indonesia kelas XI SMK Abdurrab Pekanbaru. 3) untuk mengetahui respon peserta didik dan guru setelah menggunakan media pembelajaran berbasis leaflet digital pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam pembelajaran sejarah Indonesia kelas XI SMK Abdurrab Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Hasil validasi ahli untuk media leaflet digital berdasarkan tahap penilaian ahli materi 86%, ahli media 95,7%, penilaian oleh siswa pada kelompok kecil 93,3 %, penilaian oleh siswa kelompok besar 95,4% dan penilaian oleh guru 96,9% dengan keseluruhan hasil persentase mendapatkan kategori “Sangat Layak”. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis leaflet digital pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam pembelajaran sejarah Indonesia kelas XI SMK Abdurrab Pekanbaru dapat dikatakan sangat layak dilihat dari hasil keseluruhan persentase yang didapatkan.

Published

2025-01-10

How to Cite

Suryana, L. ., Ahmal, A., & Fikri, A. . (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Leaflet Digital pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMK Abdurrab Pekanbaru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 497-508. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6772