Kompetensi Sosial: Analisis Berdasarkan Kecerdasan Emosional Guru
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6775Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang akan digunakan adalah jenis penelitian ex post facto. Penelitian ini menguji dua variabel yang akan diteliti untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara variabel independen dan dependen. Adapun yang menjadi variabel X (independen) adalah Kecerdasan emosional, dan variabel Y (dependen) adalah kompetensi sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMP Negeri Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis yang berjumlah 244 guru, sampel penelitian sebesar 152 guru. Teknik pengumpulan data dalam bentuk instrumen berupa angket. Sementara itu, yang digunakan untuk mengolah dan analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis profil data penelitian dalam bentuk deskripsi, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan program SPSS (statistical package for social science) Versi.25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel kecerdasan emosional terhadap kompetensi sosial guru SMP Negeri Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, dan besar pengaruhnya adalah 55,1% dan masih terdapat sebesar 44,9% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian.