Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Enok

Authors

  • Rohani Rohani Universitas Riau, Indonesia
  • Hambali Hambali Universitas Riau, Indonesia
  • Supentri Supentri Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6777

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Enok.  Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat eksperimen dengan bentuk desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji beda independent sample t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang mana terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality  dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari hasil uji beda independent sample t-test yang menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum perlakuan sebesar 54.21 dan setelah perlakuan sebesar 83.10. Berdasarkan Uji N persen media pembelajaran berbasis augmented reality cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Enok.

Published

2025-01-10

How to Cite

Rohani, R., Hambali, H., & Supentri, S. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Enok. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 527-534. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6777