Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis dalam Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Jilan Anggreni Universitas Riau, Indonesia
  • Non Syafriafdi Universitas Riau, Indonesia
  • Khairiyah Khadijah Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6783

Abstract

Kemampuan bernalar kritis sangat penting untuk menilai informasi secara rasional, menganalisis, mengevaluasi dan menyimpulkan. Oleh karena itu kemampuan bernalar kritis sangat perlu untuk ditingkatkan, jika terus dibiarkan tanpa ada upaya untuk memberikan layanan, dan tidak ada upaya untuk meningkatkannya, maka akan berdampak pada terhambatnya proses belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis dalam profil pelajar Pancasila. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 kota Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini merupakan siswa yang memiliki kemampuan bernalar kritis terendah. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif, lalu hipotesis diuji dengan menggunakan Uji Beda Dua dan Uji Korelasi Pearson (Product Moment).

Published

2025-01-10

How to Cite

Anggreni, J. ., Syafriafdi, N. ., & Khadijah, K. . (2025). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis dalam Profil Pelajar Pancasila. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 715-719. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6783