Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis dalam Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6783Abstract
Kemampuan bernalar kritis sangat penting untuk menilai informasi secara rasional, menganalisis, mengevaluasi dan menyimpulkan. Oleh karena itu kemampuan bernalar kritis sangat perlu untuk ditingkatkan, jika terus dibiarkan tanpa ada upaya untuk memberikan layanan, dan tidak ada upaya untuk meningkatkannya, maka akan berdampak pada terhambatnya proses belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis dalam profil pelajar Pancasila. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 kota Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini merupakan siswa yang memiliki kemampuan bernalar kritis terendah. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif, lalu hipotesis diuji dengan menggunakan Uji Beda Dua dan Uji Korelasi Pearson (Product Moment).