Evaluasi Pemanfaatan Learning Management System dalam Program Pendidikan Guru Penggerak: Studi Kasus Balai Guru Penggerak Provinsi Bali
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6786Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan Learning Management System pada Program Pendidikan Guru Penggerak khususnya di Balai Guru Penggerak Provinsi Bali dalam konteks pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah autoetnografi dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penulisan jurnal refleksi, riwayat penggunaan LMS dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat beberapa kendala teknis dan non teknis dalam pemanfaatan LMS pada Program Pendidikan Guru Penggerak, namun LMS terbukti aktif dalam mendukung keberlangsungan program. Selain itu berdasarkan observasi yang telah dilakukan kepada calon guru penggerak maupun aktor pendukung diperoleh bahwa penggunaan LMS telah meningkatkan literasi digital penggunanya. Penelitian ini diharapkan dapat membantu Program Pendidikan Guru Penggerak agar lebih baik lagi kedepannya sehingga bisa memproduksi pemimpin pembelajaran yang bermutu sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.