Implementasi Program Pendidikan Kewirausahaan terhadap Anak Inklusi pada SDN Klagen Sukodono Kabupaten Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6793Abstract
Penelitian ini menyelidiki penerapan program pendidikan kewirausahaan untuk anak inklusif di SDN Klagen Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi penerapan program, faktor pendukung, dan tantangan yang dihadapi. Inisiatif ini terintegrasi dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang berfokus pada kegiatan berbasis lokal, seperti mengolah tanaman TOGA menjadi produk jamu tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan keterampilan sosial, kemandirian, dan kreativitas anak inklusif, sambil membangun empati siswa reguler melalui kolaborasi kelompok. Faktor pendorong utama meliputi dukungan dari kurikulum merdeka dan partisipasi aktif masyarakat setempat. Namun, tantangan signifikan masih ada, seperti fasilitas yang terbatas dan kurangnya jumlah guru pendamping khusus. Penelitian ini menyoroti peran penting strategi kolaboratif dan adaptif dalam menciptakan lingkungan belajar inklusif yang memberikan manfaat bagi semua siswa.