Implikatur Teks Belakang Bak Truk dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Teks Anekdot
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6832Abstract
Pembelajaran di sekolah melibatkan pihak yang belajar dan pihak yang mengajar. Dengan kata lain melibatkan pembelajar atau peserta didik dan pengajar atau pendidik. Dua pihak yang masing-masing memiliki latar belakang yang berbeda, baik latar belakang sosial, budaya maupun ekonomi. Pembelajaran di sekolah dapat dilaksanakan dengan menggunakan berbagai cara agar dapat menarik minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Kreativitas pendidik sangat diperlukan untuk mencapai maksud tersebut. Kreativitas penulisan wacana di bagian belakang bak truk tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar salah satu materi matapelajaran bahasa Indonesia kelas X, yaitu teks anekdot. Pembelajaran teks anekdot tersebut dapat dilaksanakan dengan media yang diperoleh dari kehidupan nyata sehari-hari. Salah satunya yaitu tulisan di belakang bak truk. Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan penelitian kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Tulisan-tulisan di bagian belakang bak truk tersebut mengandung implikatur yang bermakna, sindiran, Curahan hati, ejekan, informasi dan saran/ nasihat. Tulisan pada bagian belakang bak truk sebagai media pembelajaran dapat menjadi inovasi kreatif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan relevan dengan budaya popular.