Kompetensi Pedagogik: Analisis Berdasarkan Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik

Authors

  • Imas Mulyati Universitas Riau, Indonesia
  • Fadly Azhar Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6837

Abstract

Guru sebagai agen pembelajaran dituntut memiliki beberapa kompetensi tertentu. Seorang guru tidak akan mampu melaksanakan tugas sebagai pendidik tanpa menguasai kompetensi pedagogik. Kompetensi ini merupakan inti dari kegiatan guru di sekolah. Untuk dapat menguasai kompetensi ini, seorang guru harus memiliki motivasi yang tinggi berupaya mencari ilmu dan menambah pengalamannya. Kemudian kompetensi pedagogik guru, juga diidentifikasi dipengaruhi oleh supervisi akademik. Adapun yang menjadi variabel X1 (independen) adalah Motivasi kerja, variabel X2 (independen) adalah Supervisi akademik, dan variabel Y (dependen) adalah Kompetensi pedagogik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar yang berjumlah 57 orang dengan jumlah 2 SMA. Dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 guru, hal ini dikarenakan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner atau daftar pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh (1) pengaruh yang positif dan hubungan yang signifikan antara variabel motivasi kerja  (X1) terhadap kompetensi pedagogik (Y) Guru SMA Negeri Kecamatan Kampar Kiri, dan besar pengaruhnya adalah 55,4%, (2) pengaruh yang positif dan hubungan yang signifikan variabel supervisi akademik (X2) terhadap kompetensi pedagogik (Y) Guru SMA Negeri Kecamatan Kampar Kiri dan besar pengaruhnya adalah 54,8%, dan (3) pengaruh yang positif dan hubungan yang signifikan variabel motivasi kerja (X1) dan supervisi akademik (X2) terhadap kompetensi pedagogik  (Y) guru SMA Negeri Kecamatan Kampar Kiri dan besar pengaruhnya 56%.

Published

2025-01-10

How to Cite

Mulyati, I. ., & Azhar, F. . (2025). Kompetensi Pedagogik: Analisis Berdasarkan Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 518-526. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6837