Pengaruh Model Pembelajaran PjBL terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6914Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V MI Sultan Agung. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen, melibatkan pengukuran pre-test dan post-test untuk menilai keterampilan menulis. Data dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model PjBL, tingkat keterampilan menulis narasi siswa tergolong rendah dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 35%. Setelah penerapan model PjBL, terjadi peningkatan signifikan dengan rata-rata nilai post-test sebesar 88,86. Persentase kategori keterampilan menulis juga meningkat, dengan kategori sangat tinggi mencapai 35% dan kategori tinggi mencapai 57%. Uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 3,221, lebih besar dari ttabel 1,717 pada taraf signifikansi 5%, sehingga hipotesis alternatif diterima. Observasi mendukung hasil ini, menunjukkan bahwa model PjBL meningkatkan keaktifan, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Siswa lebih percaya diri menyampaikan ide serta menikmati proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model PjBL efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Temuan ini merekomendasikan penerapan model PjBL sebagai solusi inovatif dalam pembelajaran menulis di sekolah dasar.