Analisis Keterampilan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6933Abstract
Studi ini berusaha untuk menganalisis keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Hal ini dikarenakan berdasarkan hasil PISA dari tahun ke tahun, prestasi membaca anak-anak indonesia selalu berada pada peringkat bawah dari semua negara-negara peserta PISA. Karena untuk meningkatkan pemahaman membaca yang efektif dan membantu siswa untuk memahami teks dengan lebih baik. Dengan demikian, menganalisis keterampilan membaca siswa di SD sangat penting untuk memastikan bahwa setiap siswa dapat mengembangkan kemampuan literasi mereka secara optimal dan mencapai keberhasilan akademik. Penelitian ini dilakukan untuk melihat lebih dekat terkait kemampuan membaca anak-anak di SD dengan melihat dari hasil penelitian yang pernah dilakukan. Melalui analisis 10 artikel tentang keterampilan membaca anak SD yang terpublish pada jurnal yang terakreditasi. Artikel-artikel tersebut menceritakan tentang kemampuan membaca siswa SD. Dalam peneletian menggunakan metode SLR (Sistmatic Literature Review) sehingga di dapatkan sebuah konsep tentang kemampuan membaca pada siswa SD.