Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two-Stay Two-Stray terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Geografi Kelas XI IPS
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.6948Abstract
Penelitian ini membandingkan hasil belajar geografi memakai Two Stay Two Stray dan tanpa Two Stay Two Stray pada kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sungai Raya. Dengan memakai Quasi Experimental Design maupun Nonequivalent Control Group Design. Kelas kontrol serta eksperimen di sini masing-masing adalah XI IPS 1 dan 4 yang dipilih secara selective sampling. Memanfaatkan teknis dokumentasi, observasi serta tes. Dengan memanfaatkan lembar observasi, lembar tes hasil belajar, dan dokumentasi. Setelah pengujian homogenitas serta normalitas hasil rarata yang berdistribusi normal maupun homogen, dipakai uji t polled variance guna menguji hasil belajar siswa. kelas eksperimen didapatkan rarata 77,52 sedangkan kelas kontrol rarata 69,6. Memakai uji hipotesis didapatkan t hitung yaitu 3,45 dan t tabel sebesar 1,668, Ha diterima maupun Ho ditolak yang memperlihatkan strategi Two Stay Two Stray berpengaruh pada hasil belajar siswa geografi kelas XI IPS.