Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two-Stay Two-Stray terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Geografi Kelas XI IPS

Authors

  • Hanik Wiyas Diningsih Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Maria Ulfah Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Nur Meily Adlika Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.6948

Abstract

Penelitian ini membandingkan hasil belajar geografi memakai Two Stay Two Stray dan tanpa Two Stay Two Stray pada kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sungai Raya. Dengan  memakai Quasi Experimental Design maupun Nonequivalent Control Group Design. Kelas kontrol serta  eksperimen di sini  masing-masing adalah XI IPS 1 dan 4 yang dipilih secara selective sampling. Memanfaatkan teknis dokumentasi, observasi serta tes. Dengan memanfaatkan  lembar observasi, lembar tes hasil belajar, dan dokumentasi. Setelah pengujian  homogenitas  serta normalitas hasil rarata yang berdistribusi normal maupun homogen, dipakai uji t polled variance guna menguji hasil belajar siswa. kelas eksperimen didapatkan  rarata 77,52 sedangkan kelas kontrol rarata 69,6. Memakai uji hipotesis didapatkan t hitung yaitu 3,45 dan t tabel sebesar 1,668, Ha diterima maupun Ho ditolak yang memperlihatkan strategi Two Stay Two Stray berpengaruh pada hasil belajar siswa geografi kelas XI IPS.

Published

2025-04-09

How to Cite

Diningsih, H. W. ., Ulfah, M. ., & Adlika, N. M. . (2025). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two-Stay Two-Stray terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Geografi Kelas XI IPS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4406-4410. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.6948