Refleksi Mahasiswa dalam Pelaksanaan Project Based Learning pada Mata Kuliah Tadoku

Authors

  • Dela Safitri S Universitas Riau, Indonesia
  • Merri Silvia Basri Universitas Riau, Indonesia
  • Dini Budiani Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.6952

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Refleksi Mahasiswa dalam Pelaksanaan Project Based Learning pada Mata Kuliah Tadoku melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teori Project Based Learning, hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan project based learning pada mata kuliah Tadoku 2 sudah sesuai dengan 6 tahapan PjBL yaitu penyajian masalah, pembuatan rencana, penyusunan jadwal, monitoring pembuatan proyek, pelaksanaan asesmen dan evaluasi. Pemahaman mahasiswa tentang pembuatan rencana pada refleksi mata kuliah Tadoku 2 yaitu mahasiswa memahami tujuan proyek yaitu lebih giat dalam membuat buku cerita bahasa Jepang, adanya pembagian tugas dalam mengerjakan proyek, adanya target pengerjaan proyek yaitu seminggu sekali, dan mendapatkan informasi dari berbagai sumber seperti buku tadoku, IRG dan Margoto. Pemahaman mahasiswa terhadap pelaksanaan penilaian pada refleksi mata kuliah Tadoku 2 yaitu terdapat kriteria penilaian proyek seperti alur cerita, struktur bahasa dan pesan cerita, diskusi kelompok merupakan penilaian dari dosen di depan kelas dan terdapat waktu penilaian proyek yaitu pada saat UAS. Pemahaman mahasiswa terhadap evaluasi pada refleksi mata kuliah Tadoku 2 yaitu terdapat refleksi diri setelah presentasi dengan cara meningkatkan kerjasama kelompok bagi semua yang aktif, mahasiswa mengoreksi kembali kesalahan jika ada sampai selesai dan dosen memberikan kesimpulan di akhir pembelajaran tentang buku cerita.

Published

2025-05-07

How to Cite

S, D. S. ., Basri, M. S. ., & Budiani, D. . (2025). Refleksi Mahasiswa dalam Pelaksanaan Project Based Learning pada Mata Kuliah Tadoku. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5170-5177. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.6952