Penanaman Nilai-Nilai Tauhidullah pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Dini Irawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ahmad Nurwadjah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Andewi Suhartini UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.696

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang nilai-nilai tauhidullah dalam pendidikan islam, bagaimana penanaman nilai-nilai tauhidullah pada pembelajaran PAI, dan permasalahan yang dihadapi oleh guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai tauhidullah kepada peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Dari hasil pengolahan data maka diperoleh kesimpulan bahwa guru PAI di sekolah sampel telah melakukan penanaman nilai-nilai tauhidullah melalui pengembangan strategi pembelajaran di kelas yang dikemas secara menarik dan memberikan contoh-contoh konkrit yang ditemui dalam kehidupan keseharian siswa dikaitkan dengan makna tauhid. Walaupun secara tertulis aktivitas yang telah dilakukan guru belum terdokumentasi dalam sebuah rancangan pembelajaran yang utuh, namun evaluasi hasil dari pembelajaran pada materi asmaul husna ini menunjukkan adanya keberhasilan yang dicapai siswa terutama adanya perubahan pada sikap peserta didik yang diukur melalui instrumen pengamatan yang dilakukan berkala oleh guru PAI.

Published

2022-07-05

How to Cite

Irawati, D., Nurwadjah, A. ., & Suhartini, A. . (2022). Penanaman Nilai-Nilai Tauhidullah pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2207-2213. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.696