Analisis Kebutuhan Buku Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Mencipta Rancangan pada Mata Pelajaran Desain dan Produksi Busana di Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7090Abstract
Berdasarkan hasil observasi di SMKN 1 Buduran Sidoarjo, ditemukan bahwa pembelajaran menggambar teknis masih menghadapi beberapa kendala. Salah satunya adalah keterbatasan sumber belajar yang interaktif dan aplikatif. Buku teks yang ada saat ini cenderung kurang menarik dan kurang memadai dalam menyajikan materi secara visual, sehingga siswa kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasar menggambar teknis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengidentifikasi karakteristik bahan ajar berbasis buku digital yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mencipta rancangan pada mata pelajaran Desain dan Produksi Busana. Hasil penelitian ini menunjukkan sebanyak 84,3% siswa setuju menggunakan media buku digital saat pembelajaran di kelas. Guru setuju dan terbantu saat mengajar dalam penggunaan buku digital di dalam kelas. Penggunaan animasi, audio, dan tampilan visual yang beragam menjadi alasan siswa senang belajar menggunakan media buku digital dibandingkan dengan penggunaan media cetak buku sebagai bahan ajar utama sekaligus membantu guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Untuk itu penggunaan buku digital dibantu oleh audio dan visual dianggap layak dan menarik para siswa untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mencipta rancangan.