Analisis Keterlibatan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Manejemen Layanan Konseling Individu untuk Perencanaan Pengambilan Keputusan Akademik (Study Kasus Pemilihan Kelompok Mata Pelajaran Peminatan)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7108Abstract
Bimbingan dan Konseling merupakan rumpun ilmu pengetahuan yang didalamnya merupakan ilmu-ilmu pendidikan yang khusus mempelajari soal mental, karir, sosial dalam ruang lingkup sekolah. Ruang lingkup penelitian ini berada di SMAN 1 Manyar. Berfokus pada Layanan Konseling Individu untuk perencanaan pengambilan Keputusan Akademik (Study kasus pemilihan kelompok mata pelajaran peminatan). Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review dengan mengumpulkan beberapa literatur kemudian di proses untuk menghasilkan sebuah pembahasan. Hasil Analisis Deskriptif dan Studi Literatur menunjukan siswa kelas X yang mendapatkan layanan Konseling Individu terlihat lebih siap untuk merencanakan karir di kelas XI dan XII. Dibuktikan dengan 1. Sudah memiliki tujuan Prodi dan PTN yang diinginkan. 2. Dilihat dari nilai yang cenderung naik. 3. Pemilihan kelompok kelas mata pelajaran peminatan di kelas XI, sudah berdasarkan rencana jurusan atau program studi yang dicita-citakan. Siswa kelas X yang tidak mendapatkan layanan Konseling Individu terlihat belum siap untuk menentukan rencana karir yang dimulai dari pilihan kelas mata pelajaran peminatan di kelas XI. Hal ini dibuktikan dengan 1. Belum memiliki tujuan program studi dan PTN yang diinginkan. 2. Rencana pilihan kelas kelompok mata pelajaran peminatan berdasarkan teman sebaya/ikut-ikutan teman. 3. Nilai mata pelajaran cenderung stagnan maupun turun.