Pengaruh Project Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pewarnaan Model 3D Sederhana
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7122Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kreatif pebelajar. Penelitian ini dilakukan di SMK Unitomo Surabaya dan SMK Mahardhika dengan subyek penelitian adalah pebelajar kelas XI ANM berjumlah 32 orang masing-masing kelas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian The Nonequivalent Control Group Design. Indikator keterampilan berpikir kreatif dalam penelitian ini adaptasi dari Lee & Sherrat dengan tiga aspek penilaian yakni aspek kebaruan, manfaat produk, dan estetika. Penelitian ini membandingkan dua kelompok dan analisis data menggunakan uji t. Hasil uji hipotesis penelitian ini Model Project Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Pebelajar pada materi membuat proyeksi UV mesh dan tekstur permukaan 3 Dimensi. Model Project Based Learning efektif untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Pebelajar pada materi membuat proyeksi UV mesh dan tekstur permukaan 3 Dimensi. Disarankan model Project Based Learning dapat diterapkan pada pembelajaran selanjutnya, khususnya pada materi membuat proyeksi UV mesh dan tekstur permukaan 3 Dimensi. Disarankan bagi penelitian selanjutnya menerapkan model Project Based Learning dapat dilakukan pada materi lain berbasis proyek.