Pengembangan Media Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah Kelas 2 SD

Authors

  • Natalia Inggit Emaculata Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Adi Winanto Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.719

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan media Powerpoint interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah kelas 2 SD. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research And Development (R&D) yang dikembangkan oleh Sukmadinata. Dengan tiga tahapan yang dilakukan yaitu (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan produk dan (3) uji validasi ahli. Penelitian dilakukan di kelas II SD Negeri Lanjan 01 Sumowono, Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Media yang yang telah dikembangkan melalui uji validasi pakar media dan uji validasi pakar materi. Hasil uji validasi pakar materi 1 memperoleh hasil 93,7% dengan kategori sangat baik dan uji validasi pakar materi 2 memperoleh hasil 97,9% dengan kategori sangat baik. Pada hasil uji validasi pakar media 1 memperoleh hasil 98,5% dengan kategori sangat baik dan uji validasi pakar media 2 memperoleh hasil 97% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah kelas 2 SD memenuhi kelayakan sangat baik untuk diuji cobakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Published

2022-07-09

How to Cite

Emaculata, N. I., & Winanto, A. (2022). Pengembangan Media Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah Kelas 2 SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2517-2522. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.719